Jumat, 08 September 2017

Makanan Khas Bima-Dompu

 Makanan Khas Bima-Dompu


Makanan Yang Wajib di Coba


1. Uta Palumara Londe (Bandeng Kuah Santan)

Uta Palumara
Seperti namanya, lauk ini terdiri dari ikan bandeng yang diguyur santan yang di dalamnya terdapat bumbu bawang putih, bawang merah, cabe merah, kunyit, dan tomat. Rasa dari makanan ini manis, asam, pedas dan ada aroma kemanginya sehingga terasa wangi ketika dimakan.




2. Uta londe puru (bandeng bakar)

Uta Puru
Uta londe puru (bandeng bakar) cita rasa bandengnya itu beda, rasa dagingnya manis, gurih karena langsung dari ombo (tambak air laut). Biasanya dulu waktu SMA sering jalan-jalan ke tambak “teman/ keluarga” untuk “panen” uta londe puru ,bayangin aja makan ikan sepuasnya langsung dari ‘tambak”nya di  tengah suasana pantai dengan semilir angin laut yang sepoi-sepoi, ditambah lagi nikmatnya es kelapa muda.




Uta Sepi
3. Uta sepi tumis.

Makanan ini paling disukai penduduk Bima. Bahan dasarnya adalah udang-udang kecil yang ditumis dengan asam muda, cabe, tomat, dan kemangi. Anda wajib mencicipinya saat berkunjung ke Bima.




4. Uta poco,karamba, tumis (Tumis Cumi kering dan Ikan Asin)

Uta poco,karamba, tumis
Uta poco,karamba, tumis (Tumis Cumi kering dan Ikan Asin) Waah ini Favorit temen-temen kos, kalau ada kiriman orang tua dari Bima, langsung dah pada request masakan ini.(Rezeki anak kos) hahaha sebenarnya masih banyak lagi masakannya ada mangge mada,karwiti, dsb. mungkin akan dijelaskan lain kali Walaupun orang Bima menggemari ikan laut, bukan berarti di Bima tidak mengenal makanan selain ikan. Daging Kambing adalah makanan favorit setelah ikan disusul Daging Rusa atau Menjangan, Daging Sapi, Kerbau dan Kelompok Unggas serta terakhir Daging Kuda.


5. Uta Maju Puru (Daging rusa bakar)

Uta Maju Puru
Daging rusa merupakan makanan favorit masyarakat Bima juga. Biasanya daging itu diawetkan dengan cara didendeng. Daging rusa ini dibakar dan ditambahi bumbu pelengkap sehingga rasanya sangat lezat dan gurih.








6. Tota Fo’o.

Tota Fo’o
Merupakan sambal khas Bima yang bahan dasarnya terdiri dari cabai dan mangga. Rasa asam dari mangga, dan pedas dari cabai membuatnya sangat segar dan bikin ketagihan. Sambalnya pun cukup pedas. Maka dari itu saat makan di Bima, Anda tidak boleh melewatkan sambal ini.








sumber:http://news.lewatmana.com/6-kuliner-khas-bima-yang-menggugah-selera/



Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar